Sabtu, 24 Oktober 2009

Modem CDMA SU-6350U


oleh : Nanang Ramadia
Setelah sekian lama surfing dengan modem nokia 6275i, akhirnya aku putuskan untuk membeli modem cdma. Udah lama aku kasian sama nasib hapeku yang tiap hari dipaksan untuk ngenet dengan menggunakan gigi birunya. Selain baterainya yang cepet banget ngedropnya, suhu hape juga sangat tinggi. Karena aku kawatir kalo-kalo hape kesayanganku ini kena 'step' akibat panas yang terlalu tinggi, dengan berat hati aku keluarkan uang ekstra untuk membeli modem yang memang dikhususkan untuk berkelana di dunia maya dengan bujet max Rp. 500 rebu.

Minggu tanggal 18 Oktober 2009 aku berkelana untuk mencari modem yang sesuai dengan hati nurani. Dari semua toko komputer yang ada di banjarbaru hanya ada tiga toko yang menjual modem cdma. Maklum di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan lagi ngetren ikutan paket flexy unlimited. Dengan Rp. 60.000,- perbulan udah bisa internetan secara unlimited. Kata pramuniaganya seh gara-gara ntuh jadi modem cdma lagi laku kaya kacang goreng.
Di toko pertama ditawarin merk A*******ik dengan harga Rp. 300.000,-. Buset... murah banget kupikir. Tapi kata penjualnya garansi hilang bila kita keluar dari tokonya. Alamak ... pantas aja dia berani jual harga segitu, apakah separah itu merk yang lumayan terkenal di dunia perkomputeran. Di toko kedua ditawarkan modem merk Speed Up 3G SU-6350 bundling dengan kartu fren seharga Rp. 460.000,- garansi selama 1 bulan. Karena aku belum pernah denger merk itu, maka aku tunda membeli dengan alasan tanya-tanya harga dulu.
Di toko ketiga lagi-lagi ditawarkan merk yang sama, hanya saja kali ini harganya Rp. 600.000,- dengan garansi 3 bulan. Weleh-weleh ... padahal jarak antar toko g sampe 300 meter. Setelah itu tidak satu pun toko komputer di Kota Banjarbaru dan Martapura yang menjual modem cdma dengan alasan kehabisan.
Besoknya aku searching di om google tentang modem merk speed up. Ternyata tidak ada kabar yang tidak enak, akhirnya kubulatkan tekad untuk membeli modem ini dan setelah tawar menawar dengan penjual harga deal Rp. 450.000,-.

Untuk urusan tampilan memang kelihatan elegan dan mewah. Apalagi carrying case berupa kotak plastik seperti kotak DVD dengan segel sehingga cukup aman untuk dibawa kemana-mana. Setelah dibuka didalamnya terdapat modem, kartu perdana fren sobat, cd driver, buku panduan berbahasa Indonesia, earphone, kabel USB dan kartu garansi selama 12 bulan. Nah lo ... aku jadi bingung, padahal di toko cuma garansi 1 bulan, sedangkan service centernya juga sudah ada di Kota Banjarmasin.
   
Ah... udahlah ...!! Ga usah mikirin itu, yang penting nyoba dulu barang baru niy... Proses instalasi mudah saja karena sudah dijelaskan pada buku panduan. Walaupun kadang terdapat tulisan USB device not recognized tetapi ketika buka software semuanya lancar.
Setelah aktifkankan kartu fren ke operator semuanya siap tinggal konek ke internet. Kecepatan yang ditampilkan di notebook Acer Aspire 4535 cuma 28,8 kbps beda banget dengan modem nokia 6275i yang menunjukan angka 153,2 kbps. Tetapi kenyataannya buka facebook lumayan cepat. Juga untuk twiteran g ada masalah. Upload d blog juga aman-aman saja. Hanya saja untuk download file sebesar 10 MB perlu waktu sekitar 20 menitan, sedangkan untuk file 100 MB ke atas belum pernah sukses. Mungkin karena bayar bulanan terlalu murah ya ...
  
Ketika dicolok ke PC punya adik kecepatan yang ditunjukan 230,2 kbps … wuihhh…!! Tapi kenyataannya untuk buka facebook perlu waktu yang cukup lama. Demikian juga untuk buka web yang lain.
Hebatnya lagi ni modem bisa dipake buat telpon dan sms pake sofware yang sudah disediakan. Dengan mencolokan earphone seperti kita colok ke hape kita bisa melakukan atau menerima panggilan maupun mengirim atau menerima sms. Ketika menerima panggilan atau sms maka ada pemberitahuan di layar monitor. Hanya saja panggilan dan sms tidak bisa dilakukan ketika konek intenet.
Ketika saya coba dengan kartu flexy tidak menunjukan perbedaan yang berarti. Sehingga saya memutuskan untuk berlangganan fren unlimited dimana dengan biaya Rp. 100.000,- kita sudah bisa internetan unlimited selama 3 bulan dengan cara mengirim sms REG MAX50 dan kirim ke 777, dibandingkan dengan flexy yang biayanya Rp. 15.000,- perminggu dengan mengirim sms REG MINGGUAN kirim ke 2255.
Secara keseluruhan modem cdma SU-6350U lumayan untuk digunakan. Kompatibel dengan semua kartu cdma yang bekerja pada gelombang 800MHz dan panas yang diakibatkan tidak terlalu tinggi , tidak seperti waktu saya pake nokia 6275i (saya pernah pake sampai 6 jam dan panasnya masih dalam batas normal).

12 komentar:

Unknown mengatakan...

Modem itu gak bundle sama Fren Mobi-kah?! soalnya counter-ku sering dikunjungi Fren Ambassador (sejenis tukang sales lah), aku sering ditawari produk dari Fren termasuk paket itu. Seingatku ada 2 produk yang beda harga. Satunya dibawah 300rban & satunya lagi kisaran 500rban. Paketnya : modem + kartu mobi. Seingatku, antara fren & mobi lebih murah mobi-nya untuk akses internetnya. Malah untuk mobi-nya ada paket-paket yang bisa disesuaikan dengan biaya + speed koneksi. Bedanya, fren bisa dipake untuk telpon, sms & internet. Kalo Mobi 'Just for data'. Tapi aku gak tau kalo dipakekan sofware untuk telpon & SMS bisa apa gak untuk Mobi-nya.
Tapi setahuku, meski unlimited (aku malah pernah ikut yang gratisan) kita mesti hati-hati karena fren membedakan download antara data biasa, gambar (photo) dengan gambar bergerak (film). Yang photo, meski ribuan photo kita download, pulsa gak berkurang sama sekali, tapi aku pernah nyoba download film.. walah pulsaku langsung dibabat sampe abis (Dikenai tarif). Malah sampe minus dibawah Rp 0 (soalnya film banyak).
Sekedar tambahan, untuk menulis komentar kita memang harus punya account profile (salah satunya pake email dari google). Jadi gak bisa kirim langsung ke blog..

Laba2Hitam mengatakan...

Totok ... paket fren mobi belum ada disini. Aku dengernya cuma dari TV, padahal aku mau coba juga. Kalo beli kartunya aja pai pakenya modem ini bisa g kira2 ...??
Kalo masalah donlod movie aku pernah unduh dari youtube. Dan pulsaku g berkurang, g tau kalo dari yang lain. Masalahnya dengan speed rate begini untuk donlod movie kayanya harus ekstra sabar ...
Untuk komen apa cukup pake akun email dari google aja atau harus punya blog n sejenisnya ...??
Tengs atas infonya ...

Laba2Hitam mengatakan...

Tambahan lagi ... yang paket dengan modem SU-6350U Fren Sobat ... kalo kita daftar paket unlimited (Rp. 50.000,- perbulan) setiap kita ngisi Rp. 50.000,- kita dapat bonus pulsa Rp. 25.000,-. Jadi bila 2 bulan kita ngisi Rp. 50.000,- bonusnya Rp. 50.000,-. Begitu bulan ketiga kita g perlu isi pulsa lagi.
Katanya itu buat Fren Sobat aja...

Unknown mengatakan...

Fren dan Mobi sama aja, saudara sekandung. Tp marketnya beda, mungkin karena hanya dipake untuk internet jadi belum merata se-Indonesia & biasanya ditemui hanya dikota-kota besar. Karena aku sering didatangi sales fren, jd aku bisa nitip he..he..
Dimana ada sinyal fren maka mobi-pun bisa dipake. Kalo untuk modem, asal sejenis (sesama CDMA misalnya) dan frekuensinya sama, biasanya bisa aja diganti dengan lain operator. Kan pernah dicoba pake flexi.. Tapi kalo untuk Ceria dan Smart, sepertinya gak bisa karena beda frekuensi. Padahal sama-sama murahnya untuk internet.
Kalo untuk download film, mungkin karena aku masih pake fren yang gratisan, bukan paket unlimited.
Memang untuk download film, temanku pake speedy supaya cepat..
Untuk account email gmail, sepertinya itu syarat minimal yang paling mudah. Lha kamu waktu milih 'beri komentar sebagai:' profile-nya pilih apa Nang?!.. Kalo aku, pilih google account, kmdn masuk ke account email gmail kita..
Nang, berarti voucher fren-nya yang reguler biasanya untuk isi ulang pulsa fren kah?!..

Laba2Hitam mengatakan...

Mobi tuh pra apa pasca bayar ?? Udah nyoba kah Gimana speed downloadnya ?? kalo aku mau beli kartunya aja berapa harganya ??
Aku komen pake akun google juga, cuman mungkin karna aku daftar blog pake akun itu lalu yang muncul alamat blog. Padahal udah lama aku g update ... hehehe ...
Vouchernya yang reguler aja. Aku malah isi pake elektrik terus. Yang pasti pulsa kita otomatis dipotong Rp. 50.000,- setiap bulan dari tanggal kita daftar unlimited. Jadi kalo udah dekat tanggal tagihan siap-siap isi pulsa.

Unknown mengatakan...

Beberapa bulan kemarin, salesnya nawarin kartu Mobi (simcard-nya aja) seharga RP 25.000. Berhubung pulsa di fren sobatku masih banyak jd ku pending sampe abis lebaran. Ternyata setelah lebaran kemarin harganya naik jadi Rp 75.000. Wah, mending kubelikan pulsa aja untuk nomer fren sobatku yang lama.
Sama kayak fren, mobi tinggal diisikan pulsa trus pilih paket ato langsung pake internet. Fren agak ribet untuk ke pasca-nya apalagi kalo kota kita jauh dari pusat layanan..

Laba2Hitam mengatakan...

Aku tanya ke counter fren, katanya di banjarmasin udah g jual mobi lagi. Apa di sana masih ada yang jual ??

Unknown mengatakan...

Kata salesnya masih ada Nang, tapi ya gitu naik harganya dari 25rb ke 75rb (ini masih harga utk counter). Mungkin karena stok gak begitu banyak jadi harga naik.
Beberapa hari yang lalu aku kontak ke service center fren, jadi antara fren dan mobi sekarang bisa saja untuk paket max50 ato max100. Sepertinya gak ada bedanya kalo untuk internetan.

Laba2Hitam mengatakan...

Padahal beberapa hari terakhir fren ni rada lelet ... malah sering putus. Jadi aku sempat mikir mau ganti ke mobi ... cuma kalo sama aja ya ngapain diganti-ganti. Kalo ada berita baru kartu cdma yang lebih bagus tolong infonya ya ....

Unknown mengatakan...

Nang, hari ini tadi aku kedatangan sales dari Fren, jadi kebetulan bisa interograsi.. Jadi paket modem dari mobile-8 ada beberapa jenis. Ada yang bundle dengan kartu fren, dan ada yang dengan mobi. Punyamu termasuk paket untuk fren karena ada tambahan bisa untuk voice & SMS. Tapi untuk mobi gak ada. Cuman untuk modemnya bisa untuk keduanya (juga opertor lain yang se-frekuensi).
Kalo paket dan speed-nya sama aja, jadi kalo frennya lemot, diganti pake mobi-pun juga lemot karena memang satu jaringan.
Menurutku, bila kita pake yang gratisan ato unlimited, sepertinya speed lebih lambat dibandingkan kalo kita konek langsung dengan bayar pulsa (sudah kubuktikan..). Sepertinya operator gak ikhlas ngasih kualitas bagus dengan harga murah.. Dan ini berlaku hampir untuk semua operator. Jadi antara iklan dengan semboyan-semboyannya, dan realita yang gak sinkron. Maklumnya, namanya juga barang dagangan, jadi yang baik-baik aja yang kimunculkan. Coba cek di surat pembaca detik.com, begitu banyaknya komplain masalah speed lambat (malah putus nyambung) jaringan internet hampir semua operator di Indonesia.
Menurutku mungkin penyebabnya karena kualitas jaringan yang gak stabil.
Jadi sepertinya kita terima aja apa adanya kenyataan ini, ada naik ada turun, ada putus ada nyambung...

beng mengatakan...

mau tanya, dimana bisa download driver nya yah? punyaku hilang..
(bengkiam02@gmail.com)

Zhys mengatakan...

dimna download driver na??
tlang bantuannya donk,,

ne nmor hp q:
085221661467

tlong y??

Posting Komentar